9 Jenis Kode Kerusakan Pada Mesin PGM FI ~ KOMUNITAS KREASI OTOMOTIF Halaman AMP Saya

Mengenai tips and trik pada Otomotif Khusus Mesin Sepeda Motor

9 Jenis Kode Kerusakan Pada Mesin PGM FI

Kalian pasti bertanya-tanya apabila kalian memiliki motor Honda yang selalu berkedip Indikatornya. Kita akan memberi tahu tentang Kode DTC pada Motor Honda. Pertama yang musti kita tau adalah cara meriset DTC motor Honda seperti yang sudah saya jelaskan di ulasan yang lalu bisa kalian baca dibawah ini.
9 Jenis kode kerusakan pada mesin PGM-FI

Baca juga : Cara meriset DTC Motor Honda

ada beberapa kedipan pada motor Honda simak selengkapnya
sekarang kita jelaskan mengenai Tipe kode DTC / MIL pada motor Honda.

1. Kedipan
Satu kedipan pada Motor Honda mengisaratkan mengenai kerusakan MAP (Manifold Air Presure). MAP ini berfungsi sebagai sensor pengontrol dari udara dan bensin yang tercampur di mesin letak dari sensor ini berada pada Thottle Body. Sensor ini mendeteksi mengenai tekanan angin dan bensin yang tercampur kedalam ruang bakar maka MIL akan mengedipkan sensor MAP satu kali secara terus menerus. Kondisi ini memang tidak bahaya namun mengakibatkan mesin menjadi sering mati mendadak.

7. Kedipan
Tujuh kali kedipan pada MIL pada motor Honda memberikan beberapa kerusakan. Engine Oil Temperatur(EOT). EOT sendiri terletak bada body mesin yang terletak di samping, EOT atau biasa di sebut Engine Oil Temperatur ini membuat motor akan menjadi mati ketika temperatur tertentu sehingga tidak terjadi yang namanya nyeket pada motor. Sensor ini juga terhubung dengan ECT ( Engine Coolant Temperatur ). ECT ini memiliki peran penting bila Coolant habis dan tidak mengakibat mesin jadi Over Head atau kepanasan. Mesin yang di lengkapi Engine Oli Temperatur dan Engine Coolant Temperatur memiliki resiko Over head yang cukup rendah. Namun kerusakan pada Sensor ini mengakibatkan Mesin jadi susah hidup.

Baca Juga : Cara Menyetting Klep Vario 125

8. Kedipan
Delapan Kedipan pada sensor motor Honda, pada kedipan MIL yang satu ini terjadi kerusakan pada Thottle Position Sensor (TPS) yang mengakibatkan motor tidak bisa jalan. Sensor ini di gunakan untuk membuka sudut Valve pada Throttle. Pada beberapa kasus motor tidak akan bisa jalan apabila TPS dalam keadaan rudak atau tidak berfungsi.

BACA JUGA : Cara membuat karburator PE dari karburator biasa.

9.Kedipan
Sembilan kedipan pada MIL motor Honda, pada kedipan yang jumlahnya hanya sembilan kali kerusakannya di pastikan berada pada Sensor Intake Air Temperature (IAT). Pada sensor ini sudah jelas di pastikan ada pencampuran bahan bakar yang tidak setabil. Pada sensor ini mengakibatkan meledaknya bahan bakar sebelum di bakar oleh busi. Akibatnya tenaga mesin berkurang 30% dari sebelumnya. Sehingga terjadi miss pembakaran karena suhu dari angin yang tidak sesuai setandart

12.Kedipan
Duabelas kedipan pada motor Honda, Kedipan ini terdapat pada sensor Injektor. Biasanya sensor ini terletak di depan throttle body, Penyumbatan atau penyuplaian bahan bakar yang tidak sempurna akan menghidupkan sensor ini. cara terbaik untuk membuat sensor ini kembali benar adalah membersihkan injektor dari karat dan lubang yang tersumbat. Penyebab tersumbatnya injektor terletak pada Bahan bakar yang tidak cocok di pakai dan beli di eceran.

21. Kedipan
DuaPuluh Satu kali kedipan pada motor Honda, Pada kedipan dua puluh satu kali pada MIL menunjukkan kerusakan pada sensor O2. Sensor ini menunjukkan pembuangan yang tidak baik dalam proses pembakaran di ruang bakar. Kebocoran pada kenalpot juga berpengaruh pada sensor ini. jangan di anggap remeh sensor ini karena sensor ini dapat mengisyaratkan kebocoran pada ruang bakar dan pembuangan ( knalpot yang membuat mesin dapat kemasukan air akibat kebanjiran ).

29.Kedipan
Sensor Idle Air Control Valve (IACV). Pada kedipan duapuluh sembilan ini MIL mengisaratkan kerusakan pada sensor Idle Air Control Valve atau biasa di sebut IACV. Sensor ini hanya berada pada motor-motor Honda tertentu yang sudah tidak bisa di setel manual stasionernya. Cara membenarkan sensor Idle air control valve cukup di ganjal saja dengan menggunkan sedotan bagian IACV nya. Hal ini mengakibatkan mesin tidak bisa hidup secara langsam.

33.kedipan
keipan tiga puluh tiga pada motor Honda memiliki kerusakan pada ECM. Sensor yang ada pada PGM-FI tidak rusak hanya otak dari PGM-FI lah yang rusak bisa di sebut dengan Electronik Control Module ( ECM ) atau biasa di sebut dengan ECU ( Elektonik Control Unit ). Sensor ini adalah sensor tertinggi yang bertugas mengatur seluruh sensor yang bekerja pada motor. Sehingga membuat motor berjalan seperti normal.

54. Kedipan
Sensor yang terahir ada pada lima puluh empat MIL. Pada sensor ini biasa di sebut dengan sensor jatuh atau biasa disebut dengan Blank Angle Sensor. Pada sensor ini bertujuan jika kita berada pada kemiringan 70 derajat maka sensor akan mengisyaratkan mesin agar mati. jika motor dalam keadaan jatuh maka sensor ini akan bekerja secara otomatis.

Demikian jenis kedipan pada motor Hondadan juga jenis kedipan pada MIL untuk memberitahukan kepada anda mengenai rahasia tentang otomotif di Honda dan yamaha silahkan praktekkan di rumah namun jangan menyalahkan kami jika kalian gagal karena tidak tau cara memasangnya kembali.

Pstingan Terbaik

Arsip Blog

yusuf rakhman hakim. Diberdayakan oleh Blogger.

artikel populer

cara menyetel injeksi mio m3

                                                                      Kalian pasti bingung bagaimana cih cara menyervis motor mio inje...