Cara Mudah Meriset ECU Dan DTC Pada Motor Honda ~ KOMUNITAS KREASI OTOMOTIF Halaman AMP Saya

Mengenai tips and trik pada Otomotif Khusus Mesin Sepeda Motor

Cara Mudah Meriset ECU Dan DTC Pada Motor Honda

Cara Mudah Meriset ECU Dan DTC Pada Motor Honda, Biasanya kita tidak tau cara meriset kerusakan yang biasanya terjadi pada motor honda ketika telah terjadi kerusakan.
fungsi dari meriset ini bertujuan menghapus histori pada ECU setiap motor honda. Riset yang di lakukan cukup mudah dan simple bagi kita karena sudah ada alat yang mudah dan praktis.


Banyak dari kita ingin mengetahui hal tersebut dari mekanik honda namun mekanik cenderung tidak penah memberi taukan hal ini kepada konsumennya karena akan menyebabkan penurunan dari omset mereka okey kali ini saya akan jelaskan dulu di mana letak keberadaan reset pada motor honda ini dari mulai honda vario, honda verza, honda CBR, Honda

letak reset pada honda beat terletak pada samping aki yang berada pada injakan yang memiliki baud berikut gambarnya agar kalian mengetahui letak dari soket reset pada beat
Letak DTC pada honda beat
Di bawah ini adalah bentuk dari DTC dari monda agar kalian dapat mereset code kerusakan yang ada motor kalian dan dapat di peraktekkan di rumah.
ECM honda beat,https://teknologiotomotiv.blogspot.co.id/
honda tergolong kategori mudah dalam mereset kode tersebut di bandingkan dengan yamaha hal ini dapat di ketahui cara mereka memberikan kemudahan bagi konsumen yang awam sekalipun namun sekali lagi para mekanik yang melakukan perbaikan ini tergolong kurang membuka trik mereka.

Riset ini saya dapat dengan cara uji coba menggabungkan 2 kabel menjadi satu  dengan menghidupkan kunci kontak lalu saya masukan kabel tersebut selama 5 detik lalu di pasangkan kembali lalu lampu indikator akan menyala seperti lampu sen dan dapat di pastikan itu sudah terhapus.

Jenis kedipan yang ada di motor PGM-FI
Ada dua macam kedipan yang ada di honda yaitu kedipan 1,3 detik yang bertujuan mengisayatkan puluhan dan kedipan pendek mengisyaratsatuan. kedipan pendek berdurasi 0,3 detik yang bisa di baca satuan saja .

Jika kerusakan lebih dari satu maka ECM akan mengisyaratkan dari kode terendah sampai ke yang tertinggi  selama berulang-ulang. ada beberapa eror yang tidak dapat di deteksi oleh DTC secara manual hanya dapat di cek melalui laptop biasanya ini terjadi bila sistem eror dan mesin masih bisa bekerja dengan biasa.

Baca juga : All New Vario 150cc 2018


Dalam sistem honda sudah terdapat fungsi fail-safe untuk memastikan adanya kemampuan minim untuk tetap bekerja walaupun dalam ada keadaan rusak namun sistem ini menggunkan program yang terlebih dahulu di setting pada peta program yang disimulasikan.

Cara mengetahui kode DTC pada motor Honda
Berikut kabel yang harus di gambungkan kabelnya
pertama adalah Putar kontak ke dalam kondisi OFF.
Lalu Jumper soket atau kabel yang berwarna Hijau atau(hitam) dan coklat.
Putar junci kedalam posisi ON.
Kemudian kalian bisa membaca kode sensor yang ada pada Honda ini. Catat Kedipan MIL dan lihat Ke indeks kode DTC.

Baca Juga  : Kelemahan  All New Vario 150CC

Cara menghapus kode DTC 
Langkah yang pertama Adalah Memutar kunci kontak ke OFF terlebih dahulu
kemudian kalian bisa menjumper kabel hijau atau(Hitam) dan coklat tadi.
Setelah di jumper lalu posisikan kunci kontak kedalam ON untuk menghapusnya lepas jumper tersebut lalu pasang kembali dengan batas waktu maximum 5 detik.
Bila berhasil maka lampu akan berkedip secara terus menerus seperti lampu sein dan kontak dapat di off kan.

Baca Juga : 9 Jenis Sensor PGM-FI

Cara mereset ECU pada honda berikut ini cara nya
Pertama kalian harus memposisikan stop kontak kedalam posisi OFF
Lalu jemper kabel pada DTC di kabel hijau (hitam) dan coklat
Sehabis itu kalian buka gas pada posisi penuh
kemudian putar kunci kontak kedalam posisi ON
Jika lampu MIL berkedip selama 5 detik secara cepat maka tutup kabel gas lalu tahan selama lebih dari 3 detik,jika pola berhasil maka OFF  kan kunci kontak nya.

Baca Juga : Cara Membuat Karburator PE Dari Karburator Biasa.

Mereset ECU ini bertujuan untuk mereset semua menjadi standart dan mampu merefresh sistem pada motor. namun hal ini di lakukan oleh para mekanik handal saja. anda boleh praktekan ini di rumah anda

Baca Juga : Jenis Kedipan Pada MIL




Pstingan Terbaik

Arsip Blog

yusuf rakhman hakim. Diberdayakan oleh Blogger.

artikel populer

cara menyetel injeksi mio m3

                                                                      Kalian pasti bingung bagaimana cih cara menyervis motor mio inje...