Cara Setting Komstir Yang Baik Dan Benar ~ KOMUNITAS KREASI OTOMOTIF Halaman AMP Saya

Mengenai tips and trik pada Otomotif Khusus Mesin Sepeda Motor

Cara Setting Komstir Yang Baik Dan Benar

Brebes-15/11 kali ini saya akan membagikan cara setting komstir pada motor yamaha,honda,dan suzuki serta Kawasaki. Pertama-tama kalian harus peka apa yang di rasakan ketika motor dalam keadaan berjalan. apakah motor terasa belok sendiri atau pas ketika ada polisi tidur atau ketika ada jalan berglombang setir terasa bunyi.

Penyakit komstir memiliki beberapa penyakit seperti terlalu kendor atau terlalu kencang. Ciri-ciri kerusakan pada komstir hanya ada 2 yang sudah saya tulis di atas.

bila motor stang nya terlalu kencang maka akan terasa belok sendiri pada saat belokan dalam kecepatan rendah,sedang,dan tinggi. Variasi kekencangan komstir bisa mengakibatkan pengendara susah dalam menghendel performa kecepatam dalam berakurasi. Akibatnya bisa menyebabkan kecelakaan karena pengendara sulit mengontrol motor saat terjadi insiden yang mungkin di luar dugaan dalam kecepatan tinggi.

Baca Juga : Jenis Kedipan Lampu Indikator Motor Honda


sekarang kita bahas mengenai apabila komstir terlalu kendor. saat mesin normal di kecepatan sedang,pengendara tidak akan merasakan apa-apa dan kecepatan tinggi pun sama. Akan tetapi pengendara akan merasakan ketika bertemu polisi tidur atau lubang-lubang yang cukup mengguncang sepeda motor. pertanyaannya adalah apasih kerugian pada pengendara?? nah kerugiannya adalah stang pada motor akan terasa kendor,apabila di teruskan maka lakher yang ada di komstir akan membuat motor menjadi sulit di gerakkan kanan atau kiri. Hal paling parah adalah putusnya as pada stang dan roda karena terjadi karat pada komstir. karena penyebab utama adalah kehabisan gris/stempet pada komstir sehingga terjadi kerusakan tersebut.

bagaimana cara mengatasinya? dan apa ciri-ciri utama??
kita bahas cirinya terlebih dahulu ke4usakan pada komstir.
Pertama apa bila roda depan di angkat dan dan roda blakang menyentuh tanah maka stang otomatis wajib belok ke kanan,atau sesuai dimana piringan cakram menempel. Karena itu titik berat menandakan stang tidak terlalu kencang.
apa bila tidak membelok maka motor tersebut komstirnya terlalu kencang.
yang kedua stang normal tapi saat roda d maju mundurkan maka akan terasa ada gap atau ada celah maka stang terlalu kendor komstirnya.

sekarang kita bahas caranya agar komstir benar kembali. pertama apabila tertalu kencang maka kendorkan dulu yang atas dan yang bawah seperempat dari semula lalu kencangkan bagian atas terlebih dahulu lalu di lanjut 2-3x bagian bawah bila terlalu kencang maka yang bawah d kendorkan sampai ketemu settingannya.
 bila mana terlalu kendor maka tinggal mengencangkan bagian bawah komstir sampai 2pertiga lalu d akhiri bagian atas sampai pas. sebetulnya sangat mudah jika kalian mempraktekannya langsung jangan takut salah karena pada rangkaian otomotif itu ilmu pasti bukan abstrak.


Pstingan Terbaik

Arsip Blog

yusuf rakhman hakim. Diberdayakan oleh Blogger.

artikel populer

cara menyetel injeksi mio m3

                                                                      Kalian pasti bingung bagaimana cih cara menyervis motor mio inje...