Cara setting klep pada Vario Techno 125 ISS 2017 ~ KOMUNITAS KREASI OTOMOTIF Halaman AMP Saya

Mengenai tips and trik pada Otomotif Khusus Mesin Sepeda Motor

Cara setting klep pada Vario Techno 125 ISS 2017

Cara Setting Klep Pada Vario Techno 125 ISS 2017 , Kali ini kita akan bahas mengenai klep. Klep pada dasarnya di fungsikan untuk memasukan dan membuang bahan bakar dari ruang bakar. Klep sendiri terbagi jadi 2 macam klep in dan klep out.
cara stel klep vario techno




Pada klep in di gunakan untuk masuknya bahan bakar ke ruang bakar, bila klep ini kendor akan terjadi letupan api pada klep dan kluar api ke trhottel body. dan apabila terjadi kekendoran pada klep ex atau keluar maka akan terjadi letupan api dari klep ke kenalpot ketika putaran mesin dari tinggi kerendah.

Akibat dari kendornya katup ini maka motor akan mengalami kompresi yang kurang maximal. minimal terjadi disfungsi klep. disfungsi klep sendiri mengakibatkan pembakaran yang kurang maximal sehingga motor keluar api pada kenalpot juga berkurangnya tenaga pada motor.
vario techno 2017

Catatan: Apabila sudah di setting klep tapi tetap tidak ada tenaga saya menyarankan untuk segera di bongkar klep nya dan di lakukan penyekiran sehingga kompresi menjadi bener kembali.

Penyebab knalpot menembak adalah salah satu penyebab klep tidak pas entah itu ex atau in.
penyetelan klep pada Vario Techno 125 ISS 2017 sangatlah mudah. Dengan kunci yang cukup mudah di dapat

1.fuler gauge
2.kunci ring 8
3.kunci ring  10
4spesial tools tappet adjuster

<!– adsense –> Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah menyamakan klep agar berada pada posisi TOP dengan cara memutar selahan hingga titik pada gear yang di putar keteng sejajar dengan baud.

Setelah selesai gunakan ring 8 untuk mengendorkan mur/nut dan kendorkan baud dengan spesial tools Tappet Adjuster. Masukan Fuler Gauge dengan "Klep In 0,15 dan Klep Ex 0,25". Untuk mengetahui apakah setelan sudah benar atau belum kita bisa cek dengan cara menarik ulur fulle.

Saat fuler di majukan maka akan serat dan bila di tarik akan mudah namun sedikit serat. namun beda dengan Ex. Apabila yang Ex maka  fuler akan mudah di gerakan kedepan dan ke belakang dengan sedikit serat.

Kenapa Ex lebih lebar di bandingkan dengan In? Alasannya cukup sederhana. Saat mesin panas maka katup pada Ex akan memuai dan mengakibatkan celah diantara klep dan dudukan nya akan semakin kecil pada suhu tinggi sehingga klep di setel jauh lebih longgar.

Pada klep In akan selalu dingin karena adanya bahan bakar yang masuk sehingga tidak mengalami pemuaian yang berarti. untuk melihat mekanisme klep atau videonya bisa cek disini.

Catatan: Klep yang terlalu rapet akan mengakibatkan disfungsi pembakaran terlalu cepat sehingga motor gampang meledak di putaran rendah. Klep yang menggunakan setingan terlalu longgar maka kompresi yang di hasilkan tidak akan maximal sehingga motor tidak punya tenaga.

Pstingan Terbaik

Arsip Blog

yusuf rakhman hakim. Diberdayakan oleh Blogger.

artikel populer

cara menyetel injeksi mio m3

                                                                      Kalian pasti bingung bagaimana cih cara menyervis motor mio inje...