Penyebab Bunyi Pada Mesin Motor ~ KOMUNITAS KREASI OTOMOTIF Halaman AMP Saya

Mengenai tips and trik pada Otomotif Khusus Mesin Sepeda Motor

Penyebab Bunyi Pada Mesin Motor

Penyebab Bunyi Pada Mesin Motor, Penyebab bunyi pada motor di sebabkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhi dari berbagai sisi. Dari pemakaian atau bisa juga dari perawatan. Ada beberapa macam bunyi pada mesin motor dan ada beberapa bunyi pada bodi motor. Penyebab dari bunyi itu sendiri ada macem-macem. Ada bunyi gesekan dan bunyi tumbukan. Penyebab bunyi tek tek pada mesin di sebabkan oleh tumbukan dan gesekan.

Dan bunyi kretek kretek pada mesin motor biasanya di karenakan gesekan. ada pula bunyi cit cit pada motor itu adalah bunyi gesekan juga. Kita perlu mengetahuinya dari ciri-ciri bunyi dulu. Para master otomotif itu handal dalam hal ini. Karena mereka tau mana yang sebenarnya terjadi pada mesin. Hal itu di sebabkan karena mereka terbiasa oleh kebiasaan mereka pada saat menyervis kendaraan bermotor.

1. Bunyi Pada klep.
Bunyi pada klep biasanya di tandai bunyi "tik-tik", Atau bunyi "tuk tuk", Pada mesin motor di tandai pada saat kondisi mesin stasioner. hal ini di sebabkan umur pada klep sudah tua dengan kilometer tertentu. bukan tidak mungkin bunyi tik tik Pada motor baru juga terjadi karena pemakaian yang tidak baik atau tidak sesuai buku petunjuk. Bunyi pada mesin motor ini akan semakin keras saat motor di pacu dengan Rpm yang jauh lebih tinggi. Penyebab utama bunyi pada klep adalah pegas atau per klep sudah mulai memuai sehingga terjadi benturan pada klip yang cukup keras.

2.Bunyi Rantai keteng.
Bunyi tok tok pada mesin sepeda motor bisa di sebabkan oleh rantai keteng atau rantai kamprat yang sudah mulai mengendor karena termakan usia. Pada kasus ini biasanya di tandai dengan bunyi-bunyian yang mengganggu di Rpm tertentu. salah penyeting rantai keteng terlalu kencang bisa mengakibatkan bunyi yang tidak enak pula akan berdengung di mesin. bila terlalu kendor juga akan membuat mesin menjadi berbunyi tok tok. Hal ini bisa juga di karenakan gear pada rantai sudah mulai meruncing hingga rantai menjadi kendor.

3.Ciri bunyi pada Piston motor.
Biasa disebut dengan torak, Di sector atau ruang bakar itu adalah tempat dimana banyak bunyian yang terjadi dari mulai gesekan dan ledakan dari bahan bakar untuk mendorong piston menuju TMB "Titik Mati Bawah" sehingga mengakibatkan bunyi ketukan yang mulai terdengar pada mesin. bunyi ketukan pada mesin ini di akibatkan piston yang sudah mulai kena di samping dinding cylinder. Di awali keluarnya asap yang putih dan semakin hari semakin banyak dikarenakan bocornya ring oli dan baretnya dinding piston. ini terjadi akibat adanya debu yang masuk keruang bakar. Itu mengakibatkan motor menjadi kurang bertenaga.

4.suara kemratak pada mesin di akibatkan stangseher.
Suara gemratak pada mesin itu bisa di akibatkan oleh stangseher. Suara ini di tandai dengan suara yang berisik di putaran bawah hingga menuju Rpm tengah. Suara kemratak pada mesin motor di akibatkan oleh beberapa faktor terutama faktor kelalaian mengganti oli dan faktor pemakaian yang sering buat kebut-kebutan. Waspadai dengan mendengarkan mesin anda pada saat di panaskan di pagi hari. apabila ada indikasi seperti ini segera konfirmasikan kepad mekanik yang handal untuk menanganinya.

5.Bunyi ker ker Pada mesin motor.
Bunyi berdengung pada mesin motor itu di tandakan pin pada piston sudah mulai aus dan perlu di ganti. Biasanya Pin di ganti lebih dari 5 tahun kalau sudah mulai gejala di kisaran 1-3tahun awal pembelian di pastikan itu di akibatkan oleh pemakaian dan perawatan yang tidak baik. bunyi pada pin piston karena tidak pasnya pin pada rumah ring pada piston yang berakibat goyangnya piston. Apabila bunyi semakin keras maka tanda nya pin sudah semakin tidak layak pakai bisa-bisa akan terjadi patahnya stang seher dan gear di jeroan mesin.

8. Bunyi Kruk pada mesin akibat dari rumah kopling.
Rumah kopling juga menyumbang banyak suara karena bunyinya yang khas serta berkelanjutan hal ini di akibatkan rumah koplingsudah rusak. Hal ini akibatkan oleh motor yang membawa beban dan naik turun gunung yang secara berkelanjutan sehingga rumah kopling tidak bisa menahan kopling. Bunyi "srek-srek" Pada mesin secara berkesinambungan tanda kopling sudah mulai aus dan perlu dan wajib di ganti.

Baca juga Menyetel Motor Injeksi Mio M3

9. bunyi kratak kratak pada motor matic
Pada motor matic itu sendiri sering terjadi di CVT yang di akibatkan oleh roller yang jumlahnya 6. Bunyi kratak-kratak cinderung di putaran rendah sampai menengah. Saat gas di turunkan ada bunyi kratak-kratak pada CVT di akibatkan kurangnya kontrol terhadap CVT yang jarang di buka dan jarang di kontrol Rollernya sehingga roller pecah di dalamnya.

Demikian 9 Bunyi pada mesin motor yang saya rangkum mungkin ini bermanfaat bagi kalian dan ini di peruntukan untuk semua motor. Bunyi pada mesin motor Yamaha, Bunyi pada mesin motor Honda, Bunyi mesin pada motor Kawasaki, Bunyi pada mesin motor Suzuki

Pstingan Terbaik

Arsip Blog

yusuf rakhman hakim. Diberdayakan oleh Blogger.

artikel populer

cara menyetel injeksi mio m3

                                                                      Kalian pasti bingung bagaimana cih cara menyervis motor mio inje...