Cara Mengganti Kampas REM ~ KOMUNITAS KREASI OTOMOTIF Halaman AMP Saya

Mengenai tips and trik pada Otomotif Khusus Mesin Sepeda Motor

Cara Mengganti Kampas REM

 Kampas rem berfungsi untuk menjepit diskbrake atau piringan cakram sehingga laju kecepatan roda melambat, kalau kampas rem habis akibatnya pengereman berkurang dan kalau kampas habis berpotensi merusak diskbrake karena diskbrake justru bergesekan dengan besi yang melekat pada kampas, jadi penting untuk kita segera mengganti kampas rem motor kita jika hendak habis.

Dampak jika Kampas Rem Habis,Dampak yang akan di dapatkan oleh teman-teman yaitu terjadinya Rem blong sudah pasti serta kerusakan pada piringan pada rem cakram atau yang terparah yaitu terjadinya gagal rem jika di pasang kampas baru. 

Kampas rem depan motor saya ini tipis (sebenarnya masih) di angka 20 ribuan kilometer, lumayan awet dibandingkan penggunaan kampas rem teman-teman saya yang gak sampai 15 ribu sudah habis. Ya karena saya sering kombinasi rem belakang dan engine braking bro jadi pengeremanya lumayan efektif.

Tonton Juga Video Kami :



 

Nah, sebelumnya kita siapkan dulu peralatan untuk mengganti kampas motor kita.. berikut adalah alat dan part yang diperlukan.

  1. Kampas rem baru yang kompatibel dengan Kaliper. Silahkan mas bisa beli di toko motor atau bengkel resmi.
  2. Kunci L bintang, punya CB150R ukuran T40, motor lain ada juga yang T50.
  3. Kunci ring/pas/shock ukuran 10 mm (kebanyakan)
  4. Sudah itu saja.

Cara Mengganti Kampas Rem Depan

Lepaskan Kaliper Rem dari Shockbreaker. Pertama yang dilakukan adalah melepas kaliper yang menempel shock, pakai kunci L bintang (punya saja ukuran T40).

Lepaskan Kampas lama dari kaliper. Kedua, kendurkan baut yang menyangga kampas pakai kunci ring/pas ukuran 10 mm lalu copot kampas.

Bersihkan Area kaliper (kalau perlu). Copot juga penjepit kampas dan bersihkan, fungsi penjepit ini untuk membatasi kampas kanan dan kiri.

Siapkan kampas, terlebih dahulu dorong Piston. Dorong piston pakai obeng supaya tidak mengganggu pemasangan kampas, karena ini kampas baru jadi tebal, butuh banyak space supaya bisa masuk.

Masukkan kampas satu per satu. Untuk kampas yang kedua bisa dibarengi dengan memasang baut penyangga kampas.

Pstingan Terbaik

Arsip Blog

yusuf rakhman hakim. Diberdayakan oleh Blogger.

artikel populer

cara menyetel injeksi mio m3

                                                                      Kalian pasti bingung bagaimana cih cara menyervis motor mio inje...