Cara Mudah Mengatasi Gredeg Pada Motor PCX ~ KOMUNITAS KREASI OTOMOTIF Halaman AMP Saya

Mengenai tips and trik pada Otomotif Khusus Mesin Sepeda Motor

Cara Mudah Mengatasi Gredeg Pada Motor PCX

Cara Mudah Mengatasi Gredeg Pada Motor PCX,
kali ini kita akan bahas mengenai unit nyentrik yang sedang hangat di komunitas Honda PCX seluruh indonesia. untuk gruph bisa di cek disini.

PCX adalah motor besutan Astra Honda Motor atau biasa di sebut dengan AHM, Menurut admin sendiri permasalahannya itu kompleks yaitu terjadi gredeg setiap beberapa ribu kilometer pada motor PCX ini.

kita kenali dulu fungsi dan disfungsi dari CVT matic yang ada pada honda PCX.
CVT adalah penghubung antara mesin dengan roda untuk meneruskan gaya agar motor mampu berjalan dengan sistem matic karena adanya V-Belt sebagai ganti rantai. di dalam CVT terdapat part-part yang sangat riskan apabila terjadi kerusakan, aus, atau tidak pernah di bersihkan.

1.Roller tidak di ganti dalam 9000Km.


Sebagai contoh roller pada CVT, Berat dari roller CVT memiliki fungsi sebagai pemberat yang mampu mencengkram V-belt dengan mangkok yang ada di CVT. Apabila terjadi aus pada roller maka akan mengakibatkan bunyi dan tarikan yang kurang baik. Disfungsi ini memang tidak terlalu menghawatirkan akan tetapi jika karet pada roller CVT sampai peyang,  maka yang akan terjadi roller dapat terbelah menjadi beberapa bagian. Ini di akibatkan karena roller terlalu panas sehingga terjadi gesekan yang membuat roller menjadi terbelah atau bahkan hancur. efek ter parah akibat roller hancur adalah putus nya V-belt akibat serpihan roller dalam kecepatan tinggi. ini akan menjadi boomerang bagi pengendara yang sedang dalam perjalanan dengan kecepatan tinggi karena motor langsung tidak akan merespon gas dengan kata lain motor akan menurunkan kecepatan akan tetapi mesin menyala.


2.pembersihan CVT yang tidak sesuai SOP motor.

mau sebagus apa pun oli yang kamu beri kepada motor mu itu tidak akan berpengaruh kepada motor matic terutama di bagian CVT, ada beberapa yang perlu di perbarui seperti gris/stempet pada CVT yang bisa mengakibatkan lambannya akselerasi pada kendaraan. Pada kasus CVT yang rusak dalam hitungan tahun biasanya di akibatkan jarangnya pengguna motor PCX lupa akan pembersihan CVT pada 10.000-15.000Km. pada kilometer rendah di pastikan butuh pengecekan seperti pada 12.000km CVT wajib di buka dan mengganti gris/stempet/pelumas.


3.Kanfas ganda yang tidak pernah di bersihkan.

masalah gredeg itu sendiri berada pada kanvas ganda yang memiliki peran sebagai penggerak roda pada motor matic terutama motor PCX. Kanvas ganda ini apabila dalam 4000KM maximal tidak di bersihkan maka akan terjadi gredeg pada kendaraan. Hal ini di akibatkan karena kotornya kanvas yang bersinggungan dengan mangkok yang menggerakan roda blakang. cara alternatif agar motor pcx tidak gredeg adalah dengan mengganti kanvas ganda yang berbahan lebih keras, resikonya mangkok akan cepat termakan. Kenapa dikian? karena gredeg sendiri di akibatkan adanya slip pada kanvas ganda sehingga penyaluran tenaga yang di peroleh roda tidak singkron dengan baik sehingga terjadi gredeg. yang berikutnya ada alternatif yang lebih extrim tidak memerlukan biaya besar yaitu dengan membolongi mangkok pada kanvas ganda, akan tetapi ini memiliki resiko membuat CVT cepat kotor dan gris/stempet menjadi tidak efisien karrna banyaknya kotoran yang masuk sehingga part di dalam CVT cepat aus dan wajib di ganti.

Pada study kasus yang terdapat pada yamaha hanya ada beberapa matic yang tidak ada gredeg seperti soul, yamaha GTR, yamaha menggunakam teknik mengeraskan mangkok dan kanvas ganda dengan komposisi seimbang sehingga tidak terjadi gredeg akan tetapi jika kecepatan stag di 60 jika sudah kotor motor akan mengalami kecepatan yang tidak konstan atau tersendat-sendat.


Lebih dari 1000 orang yang sudah menggunakan cara di atas berhasil menghilangkan gredeg, akan tetapi seperti yang saya bilang gredeg itu tidak akan hilang karena itu sebagai tanda bahwa motor sudah wajib di bersihkan di area CVT.

pabrikan memang di tuntut untuk dapat menyelesaikan masalah dengan mengganti beberapa part yang di komplain oleh beberapa pihak customer yang cinta kepada honda. Bukan cuma itu saja perubahan yang signifikan belum kami dapatkan di dalam gruph yang sejatinya untuk sharing modifikasi kini menjadi sharing problem. jika nanty ada informasi lagi mengenai masalah yang ada kita akan bahas lebih lengkap di sini.

awal mula saya coba berdiskusi dengan beberapa teman yang memiliki seri yang sama yaitu pcx 2018-2019 dengan warna dan type yang sama. setelah saya tanya-tanya ternyata meraka mmemiliki masalah yang sama dengan km yang berfariasi. Saya mencoba ke dealer resmi ahass yang terdekat dari kota saya mencoba menanyakan penjelasan honda tentang kejadian ini.


Dari main dealer ahas mengklaim bahwa ini normal hanya butuh di bersihkan saja. tetapi hasilnya tetap sama mekanik pun menyarankan dengan mengganti part nya ke pcx yang 2019. okey saya pun ikut menuruti namun hasil tetap sama, setelah saya turun tangan hasilnya berbeda. ada beberapa kesalahan yang dilakukan oleh honda yang menurut saya fatal berada pada kanfas ganda bagian blakang. serta mangkok yang ada di pcx. kelenturannya di bandingkan dengan N-max yamaha itu sangat berbeda sehingga daya lontarnya sedikit terganggu d awal tarikan, yang mengakibatkan gredeg.


Ada hal aneh dengan sistem yang membuat pegas terlalu keras sehingga terjadi lontaran yang sedikit melambat sehingga cengkraman pada tutup kanfas ganda sedikit kacau sehingga terjadi gredeg. saya mencoba mengganti part honda menjadi yamaha walau cuma kanfas gandanya saja dengan asumsi bisa mengurasi gredeg. akan tetapi tidak tersedia(inden) partnya. saya mencba mencari pegas yang sama yang terdapat pada nmax dan memasangnya di kanfas ganda yang ada di PCX sehingga berfungsi normal.


saya mencoba menelusuri hasil dari kanfas ganda ini dan dampak yang terjadi kesepeda motor PCX saya belum ada. mungkin ada beberapa hal yang terjadi karena ini bukan part asli dari mulai hancurnya rumah kanfas ganda sampai berisiknya CVT nanti akan saya kasih tau setelah mungkin berkisar 1 bulanan pemakaian apa yang terjadi untuk sementara semua masih berjalan normal tidak ada kendala yang berarti.



  • Hasilnya di luar ekspektasi saya motor menjadi normal kembali.

Pstingan Terbaik

Arsip Blog

yusuf rakhman hakim. Diberdayakan oleh Blogger.

artikel populer

cara menyetel injeksi mio m3

                                                                      Kalian pasti bingung bagaimana cih cara menyervis motor mio inje...