Sepeda Motor terdiri dari tiga macam yaitu Matic, CUB, dan Sport. Motor paling mudah di gunakan yaitu motor matic, motor sekuter matic biasanya di peruntukan kepada wanita karena tidak ada penghalang d tengah dasbord. Cara kerjanya pun cukup mudah di starter lalu jalan tanpa harus memasukan gigi tau prosneling terlebih dahulu.
Sebelum kita bahas bagaimana cara mengendarai sepeda motor Sport atau motor manual kita bahas satu-satu mengenai fungsinya terlebih dahulu.
Kopling.
Kopling berfungsi sebagai penghubung antara gigi atau prosneling dengan mesin. kopling berada pada stang bagian kiri, kopling juga berfungsi untuk memutuskan tenaga mesin ke roda bagian belakang. Walaupun terlihat mudah salah melepas kopling mengakibatkan motor menjadi mati mesinnya karena kompresi mesin yang tinggi mengakibatkan mesin menjadi mati.
Gas
Gas berfungsi sebagai pengatur kecepatan pada kendaraan sehingga motor dapat di kendalikan pada saat berkendara. Jangan salah gas sendiri berperan aktif dalam jalannya sebuah kendaraan. Karena jika terlalu besar gas yang di buka dapat mengakibatkan hentakan yang signifikan pada saat sepeda motor berjalan.
Transmisi atau gigi
Trasmisi atau Gigi berfungsi sebagai gear percepatan yang berfungsi menambah akselerasi kecepatam sepeda motor saat kendaraan berjalan. Biasanya transmisi terdiri dari 1-N-2-3-4-5 ada juga 1-N-2-3-4-5-6. biasanya yang 1-5 jenis kendaraan SOHC dan yang 1-6 biasanya jenis kendaraan DOHC.
Nah sekarang kita tau fungsi-fungsi dasar dari sepeda motor sport. Sekarang kita praktekan cara berkendara dengan motor sport.
pertama.
pastikan transmisi dalam kondisi Netral yang di tandai dengan lampu indikator pada speedometer N berwarna hijau. ini bertujuan agar sepeda motor tidak langsung jalan saat d starter atau di nyalakan mesinnya.
kedua.
pastikan kopling di tarik atau tuas pada sebelah kiri. hal ini untuk mewaspadai transmisi yang tidak sempurna Netral sehingga membuat kendaraan menjadi terhentak dan jatuh karena tidak seimbang.
ketiga.
jika semua sudah nyalakan kontak dan push starter pada kendaraan sampai hidup. Pastikan kopling masih di tahan.
keempat
masukan transmisi ke depan/ gigi 1. transmisi N akan berubah mati jangan panik memang mekanismenya seperti itu karena tidak di bekali acuhan di spidometer.
kelima
lepas kopling perlahan sampai ada gerakan roda yang di rasakan. jika sudah di rasakan gunakan gas perlahan sampai sepedamotor berjalan. jika sudah berjalan seimbangkan sepeda motor layaknya motor pada umumnya. buka kopling (lepas kopling) jika dirasa motor mulai menggerang. usahakan kopling di buka sesuai dengan gas.
keenam
untuk menambah transmisi atau gigi kamu wajib menarik kopling terlebih dahulu sampai mentok baru merubah transmisi ke arah blakang sampai mentok. Untuk gigi atau transmisi 2-3-4-5-6 pasti kebelakang. untuk mengurangi gigi atau transmisi kalian hanya melakukan hal yang sama seperti yang di atas hanya saja gigi di injak ke depan.
Semua sudah selesai sekarang tinggal bagaimana cara membuat sepeda motor netral? caranya mudah tarik kopling sampai full lalu tarik transmisi atau gigi ke belakang sedikit saja sampai huruf N pada speedometer menyala.
Sebelum kita bahas bagaimana cara mengendarai sepeda motor Sport atau motor manual kita bahas satu-satu mengenai fungsinya terlebih dahulu.
Kopling.
Kopling berfungsi sebagai penghubung antara gigi atau prosneling dengan mesin. kopling berada pada stang bagian kiri, kopling juga berfungsi untuk memutuskan tenaga mesin ke roda bagian belakang. Walaupun terlihat mudah salah melepas kopling mengakibatkan motor menjadi mati mesinnya karena kompresi mesin yang tinggi mengakibatkan mesin menjadi mati.
Gas
Gas berfungsi sebagai pengatur kecepatan pada kendaraan sehingga motor dapat di kendalikan pada saat berkendara. Jangan salah gas sendiri berperan aktif dalam jalannya sebuah kendaraan. Karena jika terlalu besar gas yang di buka dapat mengakibatkan hentakan yang signifikan pada saat sepeda motor berjalan.
Transmisi atau gigi
Trasmisi atau Gigi berfungsi sebagai gear percepatan yang berfungsi menambah akselerasi kecepatam sepeda motor saat kendaraan berjalan. Biasanya transmisi terdiri dari 1-N-2-3-4-5 ada juga 1-N-2-3-4-5-6. biasanya yang 1-5 jenis kendaraan SOHC dan yang 1-6 biasanya jenis kendaraan DOHC.
Nah sekarang kita tau fungsi-fungsi dasar dari sepeda motor sport. Sekarang kita praktekan cara berkendara dengan motor sport.
pertama.
pastikan transmisi dalam kondisi Netral yang di tandai dengan lampu indikator pada speedometer N berwarna hijau. ini bertujuan agar sepeda motor tidak langsung jalan saat d starter atau di nyalakan mesinnya.
kedua.
pastikan kopling di tarik atau tuas pada sebelah kiri. hal ini untuk mewaspadai transmisi yang tidak sempurna Netral sehingga membuat kendaraan menjadi terhentak dan jatuh karena tidak seimbang.
ketiga.
jika semua sudah nyalakan kontak dan push starter pada kendaraan sampai hidup. Pastikan kopling masih di tahan.
keempat
masukan transmisi ke depan/ gigi 1. transmisi N akan berubah mati jangan panik memang mekanismenya seperti itu karena tidak di bekali acuhan di spidometer.
kelima
lepas kopling perlahan sampai ada gerakan roda yang di rasakan. jika sudah di rasakan gunakan gas perlahan sampai sepedamotor berjalan. jika sudah berjalan seimbangkan sepeda motor layaknya motor pada umumnya. buka kopling (lepas kopling) jika dirasa motor mulai menggerang. usahakan kopling di buka sesuai dengan gas.
keenam
untuk menambah transmisi atau gigi kamu wajib menarik kopling terlebih dahulu sampai mentok baru merubah transmisi ke arah blakang sampai mentok. Untuk gigi atau transmisi 2-3-4-5-6 pasti kebelakang. untuk mengurangi gigi atau transmisi kalian hanya melakukan hal yang sama seperti yang di atas hanya saja gigi di injak ke depan.
Semua sudah selesai sekarang tinggal bagaimana cara membuat sepeda motor netral? caranya mudah tarik kopling sampai full lalu tarik transmisi atau gigi ke belakang sedikit saja sampai huruf N pada speedometer menyala.