Car Menyetel Karburator ~ KOMUNITAS KREASI OTOMOTIF Halaman AMP Saya

Mengenai tips and trik pada Otomotif Khusus Mesin Sepeda Motor

Car Menyetel Karburator

Cara Menyeting Karburator - dalam menyeting karburator ini memang sangatlah agak sulit karena adanya fakum di atas karburator.
Biasanya motor yang memiliki karbu dengan jenis vakum yang memanfaatkan tekanan untuk mengangkat jarum vakum agar bensin lancar menuju ruang bakar.

Saat jarum skip pada vakum terbuka maka bensin di mainjet melaju dengan di embunkan oleh udara yang masuk dari filter udara. Kita harus membersihkan smua itu dengan karbu cleaner atau bensin untuk membersihkan kerak yang menempel pada komponen karburator.
Sesudah di bersihkan lalu pasang kembali smuanya seperti biasa.

Catatan : vakum yang ada di atas karburator berbentuk karet jangn sampai ada celah. Karena akan membuat motor tidak bertenaga.
Caranya dengan menempelkan gris/stempet/gemuk pada sisi vakum tersebut. Dengan begitu tidak akan ada celah.

Setting puteran angin ke Rpm tinggi lalu putar puteran bensin atau spuyer bensin agar Rpm jauh lebih tinggi, sehabis itu lakukan penurunan spuyer angin ke Rpm 1.500 , untuk mngetahui sudah pas tanda lampu depan tidak berkedip tidak juga terang. Lampu depan akan terlihat sayu.
Apabila masih tidak sepontan dalam gas saat di tarik berarty terjadi kesalahan dalm penyetingan spuyer bensin. Sebagai patokan 2.5 putan untuk sport dan matik dan 1.5 putaran untuk bebek seperty yamaha jupiter mx dan jupiter z.


Jangan lupa putaran tersebut di hitung ketika posisi kencang ke arah kendor. Bila masih tetap kemungkinan belum bersinya mainjet dan slowjet. Pada saat penyemprotan menggunakan angin jangan lupa untuk menastikan lubangnya benar-benar bersih. Cara ini sangat tergolong sepele namun berdampak pada mesin.

Karena mesin kekurangan bahan bakar yang seharusnya 1:3 dengan kompresi yang seharusnya 10:5 jadi akan terjadi missing lost engine. Ini bisa d terapkan di segala motor baik yamaha, honda, kawasaki, suzuki, TVS, KTM, Minerva, Viar, Ducaty, Tossa. Perlu di ingat beda motor beda peletakan spuyernya.

Pada vakum harus tidak ada karet yang terlihat bolong karena akan membuat Karburator menjadi tidak mengalami tekanan yang membuat karburator menjadi kehilangan komperesi saat mengambilan bahan bakar.

Bahan bakar yang tidak masuk gara-gara ini akan mengalami kurangnya tarikan pada motor hingga terjadi lost komperesi pada motor yang kalian gunakan. Pegas yang di pasang juga harus sesuai ukuranya bila ingin membuat enteng cukup dengan memangkat 3 baris saja karena kan berdampak panjang bila di potong terlalu pendek.

Begitulah cara menyetingkarburator secara mudah dan efisien pada motor yang menggunakan karburator vakum.

Pstingan Terbaik

Arsip Blog

yusuf rakhman hakim. Diberdayakan oleh Blogger.

artikel populer

cara menyetel injeksi mio m3

                                                                      Kalian pasti bingung bagaimana cih cara menyervis motor mio inje...