Penyebab Motor Tidak Memiliki Pengapian ~ KOMUNITAS KREASI OTOMOTIF Halaman AMP Saya

Mengenai tips and trik pada Otomotif Khusus Mesin Sepeda Motor

Penyebab Motor Tidak Memiliki Pengapian

 Kali ini kita akan bahas mengenai kenapa motor tidak dapat mengeluarkan percikan pada busi. ada beberapa penyebab yang akan kita bahas satu-persatu. Motor dapat menyala jika ada pengapian di dalam ruang bakar yang akan mendorong piston kebawah dan menghasilkan tenaga putar yang akan di teruskan ke roda bagian belakang. namun akan tetapi hal ini tidak akan terjadi jika tidak ada pengapian di luar bakar.




1.Aki

aki adalah komponen penting dalam pengapian karena aki adalah komponen yang menyalurkan listrik yang akan di suplay ke dalam ruang bakar, Bukan hanya itu saja fungsi aki pada motor injeksi pun sangat amat penting karena semua komponen memiliki ketergantungan yang sama. aki juga dapat menyimpan arus dari tegangan kiprok untuk di simpan.

2.Kiprok yang rusak

beberapa kasus yang pernah saya alami motor yang tidak memercikan bunga api pada busi di akibatkan oleh kiprok yang sudah lama tidak di ganti. atau bahkan menggunakan kiprok imitasi yang menyebabkan cepat rusak, komponen ini yang menyebabkan motor tidak bisa di on. hal ini perlu kita cek menggunakan kiprok yang sama.

3. Busi.

busi juga sangat berpengaruh karena saya pernah mengalami motor yang tidak bisa jalan akibat busi baru yang di dalamnya sudah rusak.fisik busi memang tidak dapat di deteksi apakah dia masih bagus atau tidak. cobalah kalian mengganti busi nya dengan yang baru kalian beli usahakan sesuai setandart pabrikan yang di sarankan oleh mekanik handal di tempat kalian utnuk meminimalisir salah pembelian busi.

4.Tutup busi

pada motor mio sering terjadi kejadian motor mati karena kena polisi tidur. Hal ini di akibatkan tutup busi yang kendor bahkan mudah lepas, saya menyarankan untuk melepas tutup busi terlebih dahulu untuk memastikan tutup nya sudah benar dan tidak goyang.

5.koil

yaps ini adalah komponen utama yang membuat busi menyala yang dapat membuat motor tidak bisa jalan secara mendadak. penurunan tegangan dapat menyebabkan motor mati atau mbrebet. hal terparah yang pernah saya alami adalah ketika koil tidak bekerja saat kecepatan 60km/jam yang membuat ban belakang saya terkunci akibat gigi motor masih masuk.

6. cek bagian kabel magnet

nah pada bagian ini juga penting karena ini bekerja untuk koil yang dapat mempengaruhi daya percikan dari busi itu sendiri biasanya ini akibat adanya korosi pada soketnya. usahakan setiap 10.000 km di cek atau di bersihkan menggunakan clinner.


Pstingan Terbaik

Arsip Blog

yusuf rakhman hakim. Diberdayakan oleh Blogger.

artikel populer

cara menyetel injeksi mio m3

                                                                      Kalian pasti bingung bagaimana cih cara menyervis motor mio inje...